Tips Promosi Online Untuk JasaKeuangan.co.id yang bergerak dibidang Training & Consulting Accounting and Finance
Tips Promosi
Online Untuk JasaKeuangan.co.id yang
bergerak dibidang Training & Consulting Accounting and Finance
Promosi merupakan salah satu cara dalam
memperkenalkan produk berupa barang/jasa yang dijual kepada publik seperti juga
harapkan dengan kegiatan ini maka produk yang ditawarkan dapat menarik minat
para calon pembeli untuk membeli atau menggunakannya. Seiring dengan
perkembangan zaman dan teknologi, cara promosi yang dilakukan oleh para
pegusaha juga ikut mengalami perubahan. Jika dulu promosi dilakukan dengan
mencetak brosur, leaflet, pamflet dan spanduk maka sekarang potensi promosi
secara online lebih banyak dilirik dan diminati. Hal ini karena cara ini
dianggap lebih efektif karena secara saat ini setiap orang selalu berkaitan dan
berhubungan erat dengan dunia internet. Hal positif lainnya adalah promosi
online cenderung lebih murah, mudah, dan praktis. Tanpa perlu merogoh kocek
dalam dalam anda sudah bisa memasang iklan produk anda di situs atau media
sosial.
Kemudahan dalam mengakses internet juga
menjadi faktor penting dalam keberhasilan promosi online. Kalangan yang paham
akan penggunaan tekonologi selalu memanfaatkan internet untuk bisa mendpatkan
kebutuhan sehari hari mereka. Bahkan menurut survei Indonesia menjadi negara
terbesar sebagai pelaku pasar online dan negara yang paling meminati online
shop. Banyak masyarakat indonesia memgandalkan online shop sudah seperti toko
yang bisa memenuhi semua kebutuhan mereka. Dengan melihat hal ini maka tentu
saja merupakan pangsa pasar yang luas dan layak dimanfaatkan dalam
mempromosikan usaha yang digeluti . Karena jika anda tidak segera move on dan mengikuti
perkembangan zaman maka, lambat laun bisnis anda akan tidak berkembang. Ada
berbagai macam cara promosi online yang bisa anda lakukan di internet. Berikut
10 cara promosi online yang paling berdampak pada keuntungan usaha. Simak
selengkapnya.
1. Promosi Melalui
Marketplace
Marketplace menjadi salah satu pasar terbesar
dalam mempromosikan produk yang anda jual. Sebagaimana kita tahu bahwa
peekembangan marketplace di Indonesia sangat pesat. Antusiasme masyarakat
terhadap marketplace terpercaya seperti tokopedia, bukalapak, lazada, shoppe
dan olx juga semakin besar. Dengan kehadiran marketplace ini maka anda sebagai
penjual diberikan kemudahan untuk mempromosikan barang anda. Bahkan tanpa
membayar biaya pemasangan iklan tentu tepat untuk meningkatkan keuntungan. Tentu saja hal ini
sangat menguntungkan bagi biaya operasional usaha akan dapat di tekan. Selain
itu, pangsa pasar yang akan anda peroleh juga semakin luas, dibandingkan dengan
promosi offline yang hanya akan berpusat di wilayah itu itu saja.
2. Google Adword
Bagi anda pengguna setia internet tentu sudah
tidak asing lagi dengan forum pencarian google. Google menjadi andalah saat
ingin mencari produk yang di jual di pasaran. Di sini juga anda akan bisa
menemukan semua jenis produk atau barang yang jual di seluruh dunia seperti
dalam bisnis sesungguhnya. Dengan menggunakan google adword maka barang
anda akan masuk dalam pencarian teratas produk yang dicari konsumen. Meskipun
untuk membuat google adword membutuhkan biaya namun, pada faktanya menggunakam
google adword sebagai promosi online sangat efektif dan bisa mendatangkan
keuntungan yang memadai.
3. Promosi Lewat Web
atau Blog
Bagi para pengusaha dengan skala usaha yang
besar, tentu blog atau web menjadi salah satu senjata promosi online yang wajib
di miliki. Saat usaha telah mencapai masa kestabilan maka profesionalitas harus
di tunjukkan. . Banyak sekali perusahaan besar yang berhasil melebarkan
pangsa pasar mereka melalui promosi online di blog atau web yang dikelola.
Promo, diskon dan tampilan web yang menarik akan dapat menarik minat para calon
pembeli untuk mengunjungi web anda. Dari sini saja anda akan bisa memperoleh
penghasilan apalagi jika anda berhasil melakukan penjualan produk melalui web, so
pasti keuntungan yang anda peroleh akan berlipat jumlahnya.
4. E-mail Marketing
Di era sekarang, mungkin menggunakan email
marketing dianggap sebagai cara promosi online yang paling kuno. Namun, jangan
remehkan dampak dari promosi online melalui e-mail. Menggunakan email marketing
memungkinkan anda untuk mengirimkan berita promosi terbaru dari produk yang
anda jual kepada penerima. Anda juga bisa menawarkan produk terbaru pada
konsumen terdahulu atau langganan anda dengan diskon yang menarik. E-mail sudah
seperti sosial media, setiap orang yang memiliki sosmed pasti akan memiliki
e-mail yang aktif, inilah tentu yang memungkinkan kita untuk mengirimkan
promosi yang kita tawarkan.
5. Youtube
Siapa yang tidak mengenal youtube. Sebagai
forum broadcaster video terbesar dengan pengguna terbanyak di dunia tentu saja
youtube menjadi media promosi online paling efektif. Dengan membuat konten
video promosi yang menarik, sehingga mengundang banyak viewers maka tidak
memungkinkan bahwa produk anda akan semakin laris dipesan hal ini digunakan
sebagai cara promosi yang cukup ampuh.
Bukan hanya mengandalkan konten namun judul video juga harus dibuat dengan
keyword yang familiar, dan paling banyak di cari oleh orang. Faktor ketepatan
dalam memilih kategori juga salah satu penentu dalam menarik minat viewers.
6. Memanfaatkan SEO
yang Friendly
Sekilas SEO sedikit mirip dengan google
adword, namun SEO lebih banyak di gunakan untuk mempromosikan website atau
blog. SEO memungkinkan kita untuk bersaing dengan web sejenis lainnya. Jika
ingin web kita munvul pada urutan teratas dalam pencarian google maka kita
harus memilih SEO yang paling friendly. Untuk membuat SEO friendly biasanya
dibutuhkan bantuan marketing online yang telah profesional. Internet dapat
membantu promosi anda tapi tanpa didukung dengan SEO yang friendly maka promosi
tidak akan efektif dan efisien.
7. Facebook
Facebook merupakan social media yang paling
hits pada eranya. Bahkan hingga saat ini facebook masih banyak digunakan untuk
berkomunikasi dengan rekan, keluarga dan sahabat lama. Facebook juga merupakan
sarana promosi online yang cukup efektif untuk mempromosikanproduk atau jasa
yang ditawarkan . Melakukan promosi melalui facebook dianggap sebagai cara
promosi paling mudah. Sehingga banyak pebisnis yang membuka akun facebook
menggunakan nama toko offline untuk memperkenalkan toko yang telah mereka buka
terlebih dahulu.
8. Instagram
Instagram menjadi sosial media yang sedang
kekinian. Instagram merupakan media sosial untuk berekpresi melalui foto dan
video yang di upload ke forum tepat digunakan. Dalam instagram dikenal istilah
endorse, yang merupakan bentuk promosi melalui seseorang yang memiliki banyak
pengikut. Biasanya para endorser merupakan orang yang terkenal seperti
selebriti, atlit, atau selebgram. Untuk mengendorse mereka kita harus
mengeluarkan biaya yang relatif mahal tergantung dengan jumlah followersnya.
Namun, jika hal ini berdampak langsung pada penjualan produk why not. Selain
dengan mengaploud ke akun instagram anda tentu anda bisa juga menggunakan
endorse sebagai pilihan promosi yang efektif.
9. Twitter
Sosial media berlambang burung ini juga cukup
menjadi cara promosi online yang menguntungkan. Selain gratis, twitter juga
banyak dipilih oleh para pebisnis untuk mempromosikan bisnis yang digeluti .
Kunci agar promosi melalui twiter efektif adalah dengan meningkatkan jumlah
folowers, mencuitkam twit secara teratur, mempromosikan web, menyewa buzzer
atau bisa dengan saling mempromosikan dengan web bisnis lainnya. Meskipun
awalnya hanya dibatasi 160 karakter namun jika promosi yang dipakai berdampak
maka bisa menjadi kemungkinanan mendatangkan keuntungan tambahan bagi bisnis
anda.
10. Personal Account
BBM dan Whatsapps
BBM dan WA biasanya digunakan secara personal,
dan kontak yang tertera didalamnya juga biasanya adalah orang orang terdekat
yang dikenal. Hal ini, tentu bisa menjadi cara promosi paling efektif .
Karena konsumen akan lebih percaya jika membeli dari orang yang dikenal. Dengan
memanfaatkan hal tersebut maka promosi online melalui BBM dan WA akan berdampak
langsung pada usaha anda.
10 cara promosi online yang paling berdampak
pada keuntungan usaha, tentu bisa menjadi pilihan anda untuk mempromosikan
usaha dengan cara yang tepat, cepat, praktis, mudah, murah namun berefek
positif. Anda bisa memilih beberapa cara diatas yang paling efektif untuk
digunakan dan tentu disesuaikam untuk jenis bisnis yng anda geluti. Pendapat
bahwa menggunakan promosi online yang tepat akan bisa menaikkan omset berlipat
tentu merupakan fakta. Karena sekali lagi bahwa promosi online akan dapat
memberikan dampak keuntungan dan pemasukan yang fantastis jika digunakan secara
tepat sasaran. Yang terpenting adalah gunakan sarana promosi dengan bijak dan
jangan sampai menjelekkan atau menyudutkan pesaing. Semoga artikel ini dapat
membantu
Sumber : (dosenekomomi.com)
Komentar
Posting Komentar