Fungsi & Manfaat Website Dalam Bisnis, Sebutkan Jasa Pembuatan Website Selain WebsitePraktis.com
Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi saat ini
semakin pesat. Adanya teknologi internet sangat
mendukung segala bentuk kegiatan, termasuk suatu bisnis dan perusahaan.
Memiliki website bisa memberikan banyak manfaat serta keuntungan bagi sebuah
bisnis dan perusahaan. Website menjadi salah satu perusahaan yang mampu menunjangan pembuatan website yang sudah cukup terkenal.
Saat ini, semua sudah
serba digital dan terkoneksi dengan internet. Jika tidak segera beradaptasi,
bisa-bisa perusahaan diabaikan oleh konsumen atau klien, karena mereka telah
menemukan produk atau jasa yang lebih mudah dan cepat dijangkau, bahkan
informasinya lebih jelas, lengkap dan akurat. (Namun, kita semua tentunya tak
mengaharapkan hal demikian terjadi pada kita.)
Sebelum membaca apa saja
manfaat website, mari kita kembali ke 10 tahun kebelakang sejenak. Dulu,
orang-orang akan sibuk kesana kemari mencari produk atau jasa yang sedang
mereka butuhkan. Rumah ke rumah, toko ke toko, pasar ke pasar, kantor ke
kantor, dan lain sebagainya. Tapi berbeda dengan sekarang, “Pelaku bisnis lah
yang harus mencari dimana calon konsumen berada. Atau minimal konsumen bisa
menemukan produk atau jasa yang dibutuhkan dengan hanya menggunakan smartphone,
tablet atau hanya didepan laptop ataupun komputer.
Nah, perilaku baru konsumen inilah yang harus kita perhatikan.
Kira-kira teknologi apa yang bisa diterapkan? Jawabannya adalah Website
Mengapa website?
Karena, Website merupakan
teknologi informasi terbaik saat ini sebagai sarana pertukaran informasi kepada
konsumen atau klien Anda secara mudah, cepat, dan tanpa batas jarak maupun
waktu. Artinya, konsumen maupun calon konsumen akan dengan sangat mudah untuk
mendapatkan informasi bisnis maupun perusahaan secara lengkap dan akurat hanya
dengan mencari memalui komputer yang terkoneksi dengan internet, atau bahkan
hanya dengan gadget mereka kapanpun dan dimanapun.
Tidak hanya informasi,
bahkan transaksipun sudah mulai banyak dilakukan dengan teknologi website atau
aplikasi mobile. Sepeti jual beli barang atau jasa di online seperti Tokopedia,
OLX, Kaskus, Tiket.com, Traveloka, GoJek Dll. Tentunya ini adalah peluang
yang sangat bagus.
Apa Saja Manfaat Website Untuk Perusahaan dan
Bisnis
Secara umum, 3 keuntungan
atau manfaat memiliki website. Baik secara personal, bisnis perusahaan, atau
bahkan lembaga lainnya seperti organisasi, sekolah, instansi pemerintah dan
lain sebagainya.
1 Membangun Brand dan Reputasi
Membangun branding juga sangat penting bagi perusahaan. Nah peran membangun branding juga bisa dilakukan melalui website. Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding melalui website juga perlu.
Tersedianya informasi
yang lengkap dan jelas serta mudah dijangkau akan membantu meningkatkan
reputasi perusahaan dihadapan konsumen atau calon konsumen, sehingga reputasi
perusahaan akan meningkat.
2. Media Promosi dan Transaksi 24
Jam
Pernahkah kita berpikir bahwa akan memiliki teknologi promosi dan transaksi secara otomatis 24 jam non stop? Ya, ternyata ada Website adalah solusinya. Bahkan website yang dikelola secara baik, bisa mendatangkan konsumen baru kapan saja dengan jumlah yang lebih banyak tanpa perlu mengganggu kesibukan lainnya.
Pelanggan dapat masuk ke
website kita siang ataupun malam. Dengan cara ini pelanggan dapat dilayani 24 x
7 atau 24 jam sehari.
3. Menjadi Virtual Asset Bisnis
Apapun yang menghasilkan penjualan (income) adalah asset. Begitu juga dengan website. Artinya, dengan website, nilai bisnis juga lebih berharga.
Jika diuraikan secara mendetail, manfaat website tersebut akan
lebih panjang lagi. Namun, tentunya penjelasan berikut ini dapat menjadikan
kita semua lebih yakin dan betapa banyaknya manfaatnya website untuk bisnis
atau perusahaan. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:
1.
Mendapatkan
Pelanggan Baru
Banyak perusahaan yang
bisa menggaet klien dari luar daerah atau bahkan luar negeri melalui website
yang dimiliki. Seperti yang kita ketahui, jumlah pengunjung website tidak hanya
dari Indonesia, namun juga dari luar negeri.
Salah satu kunci utama suksesnya sebuah
website adalah website yang mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung sebagai
pelanggan. Sedangkan untuk mendapatkan kunjungan yang tinggi bagi website, ada
banyak cara atau jalan, misalnya dengan cara mempromosikan ke sosial media
seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, atau LinkedIn dan memasang
promo di berbagai iklan baris.
Atau dengan cara SEO, yaitu dengan
mengoptimasikan web tersebut agar bisa tampil di halaman satu google sesuai
dengan target keyword yang dibidik. Untuk mengoptimasi / SEO suatu website bisa dikerjakan sendiri bila
kita mengetahui tekniknya, namun bila tidak ada waktu lebih baik diserahkan
pengerjaan optimasi ke penyedia layanan jasa SEO.
2.
Media Penjualan Produk ataupun
Jasa
Memiliki produk ataupun
jasa yang ingin dipasarkan melalui online, kita bisa menggunakan berbagai media
sosial untuk media pemasaran seperti Fanpage Facebook, Twitter, Instagram dan
diarahkan ke website. Disini website berperan sebagai bangunan toko utama dan
media sosial sebagai bangunan pameran produk atau jasa.
Website sebagai alat
untuk memperkenalkan produk kepada dunia online. Dengan banyaknya pengguna
internet, Perusahaan memiliki peluang untuk mendapatkan calon pembeli dengan
jumlah yang besar.Apapun bisnis yang sedang dikerjakan, website adalah tempat
yang baik untuk menampilkan produk atau jasa. Masukkan testimoni atau galeri
foto hasil kerja untuk meningkatkan kepercayaan dari calon pelanggan.
Perusahaan dapat
menunjukan apa yang membuat bisnis berbeda dari pesaing.Dalam proses pemasaran,
mungkin kita melakukan iklan di koran/majalah, iklan pada sebuah papan reklame,
atau membuat brosur. Tempat/space yang disediakan dalam koran/majalah, papan
reklame atau brosur pasti dibatasi dan tidak mudah untuk diubah informasinya.
Sedangkan dalam website
kita dengan mudah menambah informasi yang lebih mendetail dari produk-produk
atau jasa-jasa yang ditawarkan.Jika perusahaan memiliki website maka hanya
perlu meninggalkan alamat website/situs di dalam koran/majalah, papan reklame
atau brosur untuk memudahkan orang atau perusahaan mendapatkan informasi lebih
detail mengenai produk atau jasa yang sedang ditawarkan.
3.
Memperkenalkan Profil
Perusahaan
Semakin dikenal profil
maka akan makin terkenal profil tersebut. Sebuah perusahaan atau organisasi
tentu ingin jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai
media publikasi profil perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif. Pada
saat suatu perusahaan berhubungan dengan perusahaan lain yang baru dikenalnya
(misal baru saja menerima penawaran), mungkin perusahaan tesrbut akan mencari
tahu lebih mengenai profil perusahaan yang baru saja memberikan penawaran.
Perusahaan ini harus mengetahui profil dari perusahaan lain yang mungkin akan
menjadi rekanan perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut dapat mencari
informasi lebih dalam dalam website perusahaan rekanan.
4.
Mempermudah Komunikasi
Melalui website, Kita
bisa berkomunikasi dengan mudah. Entah itu dengan klien, dengan teman-teman,
dengan calon konsumen dan sebagainya. Website modern itu dilengkapi dengan
berbagai fitur komunikasi yang memungkinkan kita berbicara dengan pengelola
website.Adanya kotak komentar di website, adanya form contact adalah sebagian
kecil dari cara komunikasi malalui website.
5.
Meningkatkan Kualitas Layanan
Untuk meningkatkan
layanan pelanggan, kita bisa memasang fitur yang dibutuhkan di website seperti
halaman khusus tanya jawab, artikel yang berhubungan, formulir online, chatting
online, dll. Yang menjadikan pelanggan merasa nyaman dan mendapatkan informasi
yang dibutuhkan.
Dengan adanya website
kita mempunyai peluang meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas
akan terus menggunakan produk atau jasa kita, merekomendasikan perusahaan kita
kepada orang lain sehingga meningkatkan pendapatan perusahaan. Melalui website
kita dapat memberikan informasi secara update kepada pelanggan. Baik berupa
informasi produk atau dukungan terhadap produk yang telah dibeli.
6.
Menjadi Sarana Publikasi Resmi
Perusahaan
Melalui website,
perusahaan bisa menjadikannya sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya
perusahaan mengadakan undian berhadiah, maka informasi seputar kegiatan
tersebut bisa ditampilkan lewat website yang dimiliki. Bahkan, hampir semua
perusahaan dituntut untuk memiliki website.
7.
Kemudahan Memberikan Informasi
Dengan memiliki website,
perusahaan akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal
kegiatan, berita terbaru, dan lain sebagainya. Akan jauh lebih mudah dan cepat
apabila kita memasukkan informasi tersebut di website dibandingkan dengan media
cetak biasa tentu akan memakan waktu lama dan biaya yang mahal. Sehingga
pelanggan bisa mengikuti perkembangan produk dan informasi perusahaan meski
jaraknya sangat jauh. Sehingga dapat memudahkan pelanggan mendapatkan
informasi terbaru.
8.
Menimbulkan Kesan Lebih
Profesional
Sebuah perusahaan yang
memiliki website, sudah pasti akan mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan
yang belum memiliki website. Konsumen maupun calon konsumen pasti akan melihat
lebih dulu kepada perusahaan yang sudah memiliki website. Itulah alasannya
perusahaan disarankan memiliki website.
9.
Bisa Meningkatkan Kredibilitas
Perusahaan
Perusahaan yang memiliki
website akan terkesan lebih maju dan modern. Dengan demikian maka kredibilitas
perusahaan akan meningkat. Dengan memiliki website, perusahaan tersebut dapat
membuktikan konsekuensinya dalam memberikan kemudahan untuk pelanggan yang
ingin mencari informasi mengenai perusahaan tersebut atau pun melakukan
pembelanjaan secara online. Manfaat website untuk perusahaan ini dirasa akan
sangat mengoptimalkan penjualan produk. Karena dengan adanya website, otomatis
seluruh masyarakat yang berada di seluruh dunia dapat mengenal perusahaan Anda.
10.
Menghemat Biaya
Banyak yang berpikir
bahwa biaya untuk membuat website professional membutuhkan biaya besar. Namun
sebenarnya ini adalah biaya yang lebih menguntungkan dibandingkan tidak
memiliki website sama sekali. Dan juga pengunjung potensial dari dalam website
juga lebih baik. Ini adalah cara yang paling efektif dalam segi biaya untuk
mempromosikan perusahaan.
11.
Jauh Lebih Murah dan Fleksibel
Dari Iklan Cetak
Internet sangat berbeda
dari iklan cetak dalam ruang yang murah, iklan dapat diakses untuk jangka waktu
yang lama, konten dapat diubah tanpa harus meminta seseorang untuk melakukannya
(jika menggunakan sistem manajemen konten) dan kita berpotensi dapat menjangkau
pasar yang lebih luas.
NB: Ini bukan untuk
mengatakan bahwa tidak harus menggunakan bentuk lain dari iklan lain. Namun kita
dapat menggunakan iklan dari media lain untuk menarik pengunjung untuk
mengunjungi website dan mencari tentang perusahaan serta berpotensi membuka
komunikasi dua arah antara pelanggan potensial dan supplier.
12 Mudah dan Dapat Selalu Diakses
Website akan memudahkan
pelanggan yang ingin melihat produk dan jasa yang ditawarkan, kapanpun dan
dimanapun, sehingga kita tidak kehilangan pelanggan potensial karena website
bisa di akses selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun
dan hal ini menjadikan bisnis atau perusahaan tetap buka meskipun kantor sedang
tutup
Walaupun harga website
untuk saat ini tidak dapat dikatakan murah, namun mengeluarkan dana untuk
memajukan perusahaan akan terasa worth. Apalagi untuk sebuah perusahaan yang
cukup besar, akan sangat disayangkan jika tidak memiliki website. Mengingat
manfaat website untuk perusahaan cukup banyak.
Dalam kenyataan sebuah perusahaan sangat amat membutuhkan website
tetapi tidak semua perusahaan atau pelaku membuat website secara mandiri dengan
keterbatasan sumber daya manusia yang ia miliki,
Disini saya akan menyebutkan beberapa referensi perusahaan jasa pembuat website disekitaran Jabodetabek :
Disini saya akan menyebutkan beberapa referensi perusahaan jasa pembuat website disekitaran Jabodetabek :
-
KelanaSolution.Com
-
Gryaweb
-
SuhuWeb
-
Kreatif Teknologi
-
Belineweb.com
Sumber : (risastudio)
Komentar
Posting Komentar